blog posts

Cara Memilih Nama Domain

Cara Memilih Nama Domain

Pada dasarnya banyak orang yang tidak tahu cara memilih nama domain yang bagus. Apalagi setelah mengetahui bahwa domain berguna sebagai alamat suatu website agar orang lain mudah mengingat dan bisa memberikan nilai yang bagus pada bisnis anda.

Jika Anda mengalami permasalahan yang sama, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Agar permasalahan yang ada alami bisa terselesaikan.

Tata Cara Pemilihan Nama Domain yang Unik

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan sebuah nama domain. Jika mengetahui hal tersebut mungkin Anda akan merasa mudah menemukan nama domain yang tepat.

Lalu hal apakah yang harus Anda pertimbangkan tersebut, berikut penjelasannya :

  1. Tentukan Nama Singkat yang Mudah Diingat
    Sebenarnya ada bebas ingin menggunakan nama yang panjang atau pendek pada sebuah domain. Akan tetapi domain yang singkat lebih mudah di ingat pengunjung ketimbang domain dengan nama yang panjang.

    Contohnya seperti domain yang banyak orang kunjungi seperti facebook.com atau twitter.com. Bukankah nama yang singkat tersebut menimbulkan pengaruh sehingga domain tersebut lebih mudah diingat.

  2. Menggunakan Kosakata yang Mudah
    Selain menentukan nama domain yang mudah teringat, Anda juga harus memilih kombinasi kosakata yang mudah untuk orang lain. Nama domain yang singkat tidak ada gunannya jika itu terdiri dari kombinasi kata yang tidak memiliki arti. Sebab itu pemilihan nama domain dengan kata yang memiliki maksud juga suatu pertimbangan.

  3. Selipkan Kata Kunci Khusus
    Penggunaan nama domain biasanya ditujukan untuk keperluan khusus seperti pembuatan website. Agar nama domain lebih berarti dan mudah mengarahkan pengunjung kepada sebuah website. Alangkah baiknya nama domain tersebut memiliki kata kunci khusus yang sesuai dengan website.

    Sebagai contoh jika Anda ingin membuat website yang menjual kebaya dengan harga murah. Pemilihan domain dengan nama kebayamurah.com merupakan suatu pilihan yang sangat bagus. Hal seperti ini juga berlaku untuk jenis website lainnya yang ingin Anda bangun.

  4. Menggunakan Nama Brand
    Brand pada dunia digital fungsi sebagai identitas dari seseorang atau usaha. Ketika membuat sebuah website pemilihan domain menggunakan nama brand bukanlah suatu hal yang buruk. Hal ini malahan terbilang bagus karena lebih mudah memperkenalkan siapa Anda kepada orang lain melalui nama domain. Selain itu pemilihan brand sebagai nama domain juga akan mempermudah masyarakat untuk mengingat usaha yang Anda dirikan.

  5. Gunakan Nama Yang Relevan
    Ketika memilih nama domain sebaiknya Anda menggunakan nama yang relevan dengan apa yang ingin Anda bangun. Sebagai contoh ketika Anda ingin menjual parfum herbal menggunakan website. Sebaiknya pilihlah nama domain yang relevan dengan hal tersebut.

    Penggunaan nama domain yang cocok dengan isi website ini juga akan membantu perkembangan website tersebut. Hal tersebut karena adanya hubungan isi website dengan nama domain, sehingga robot Google lebih mudah dan cepat mengenalinya.

  6. Menggunakan Nama Daerah Jika Perlu
    Sebenarnya penggunaan nama daerah pada domain tidaklah bagus. Hal tersebut dapat berdampak buruk dan membatasi perkembangan nama domain tersebut di dunia digital. Akan tetapi jika Anda menargetkan audience dari daerah tertentu, penggunaan nama daerah pada domain merupakan hal yang bagus. Kenapa demikian? Karena nama domain yang mengandung nama daerah lebih mudah menjangkau audien dari daerah tersebut.

Itulah beberapa cara memilih nama domain yang dibutuhkan sebelum membelinya. Perlu Anda ketahui pada dasarnya tidak semua domain itu tersedia. Nama domain yang sudah dipakai oleh orang lain biasanya tidak bisa dipakai lagi.
Sebab itu segeralah membeli nama domain yang Anda inginkan ketika stok masih tersedia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.